Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217 (+62)61 7869790 admin@ft.uisu.ac.id

Program Studi Teknik Sipil

Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UISU merupakan 1 (satu) dari 5 (lima) Prodi yang ada di Fakultas Teknik UISU. Program Studi Teknik Sipil memulai aktivitas sejak tahun ajaran 1977/1978.

Sejak tahun  1981 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UISU  memperoleh Status Terdaftar untuk tingkat Sarjana Muda berdasarkan SK. Mendikbud No. 0196/0/1981 tanggal  8 Juni 1981. Sejak tahun  1984 Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UISU  memperoleh Status Terdaftar  untuk  tingkat  Sarjana  berdasarkan  SK Mendikbud No. 056/0/1984,  tanggal 6 Maret  1984. Sejak tahun  1989 Program Studi Teknik Sipil FT. UISU memiliki status “Diakui” berdasarkan  SK. Mendikbud No. 0573/0/1989, tanggal 7 September 1989. Sejak tahun  1991 Program Studi Teknik Sipil  FT. UISU memiliki status “Disamakan” berdasarkan  SK Mendikbud No. 0671/0/1991, tanggal 28 Desember 1991.

Pada tahun 1998Program Studi Teknik Sipil FT. UISU terakreditasi dengan kategori C (Cukup) berdasarkan SK BAN-PT No.002/BAN-PT/Ak.-II/XII/1998 dan Sertifikat No. 01381/AK-II.1/UIHLDS/1998.

Pada tahun 2002 Program Studi Teknik Sipil FT. UISU terakreditasi dengan kategori B(Baik) berdasarkan SK BAN-PT No.010/BAN-PT/Ak.-V/S1/VI/2002 dan Sertifikat No. 05053/AK-V-S1-010/UIHLDS/2002.

Pada tahun 2008Program Studi Teknik Sipil FT. UISU terakreditasi dengan hasil kategori B (Baik) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional Program SarjanaNo.009/BAN-PT/Ak-XI/S1/VI/2008 dan Sertifikat  No. SPS. 001798.

Pada tahun 2016 Program Studi  Teknik Sipil FT. UISU terakreditasi dengan kategori B (Baik) berdasarkan SK BAN-PT No.2588/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2016.

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 12468/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2021, menyatakan bahwa Program Studi Teknik Sipil, Pada Program Sarjana Universitas Islam Sumatera Utara, Kota Medan memenuhi syarat peringkat : Akreditasi B. Serifikat akreditasi program studi ini berlaku sejak tanggal 4 November 2021 sampai dengan 4 November 2026.

 

VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI DAN UNIVERSITY VALUE

 

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Sipil (PSTS) yang Memiliki Daya Saing Dibidang Ilmu Rekayasa Teknik Sipil, Pengetahuan dan Teknologi yang berkelanjutan.

 

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang memenuhi Standar Pendidikan Tinggi Nasional dan selalu berorientasi kepada bidang sains dan rekayasa.
  2. Melaksanakan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah islamiah dalam rangka penyebarluasan sains dan teknologi yang melibatkan staf  pengajar dan mahasiswa Program Studi Teknik Sipil.
  3. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai lembaga pemerintah dan swasta.
  4. Menyediakan berbagai media pengajaran serta meningkatkan mutu akademik sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Melakukan evaluasi secara berkesinambungan terhadap pengembangan Akdemik.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan Sarjana Teknik Sipil yang bermoral Islami dan berakhlak mulia, professional, serta mampu mengikuti dan memanfaatkan perkembangan informasi, ilmu pengetahuan serta teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Melakukan penelitian dan usaha penyempurnaan serta peningkatan mutu ilmu pengetahuan dan teknologi Pendidikan sesuai dengan nilai-nilai Islam.
  3. Menghasilkan karya yang inovatif untuk meningkatkan mutu Pendidikan demi kemaslahatan umat.
  4. Meningkatkan peran aktif alumni dalam membantu pemerintah, masyarakat dan stakeholder melalui Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan cara menciptakan metode dan Teknik yang maju.
  5. Dapat menjadi panutan dalam penerapan nilai nilai Islami di tengah masyarakat melalui Dakwah Islamiyah.

 

Strategi

  1. Menjadi Program Studi Teknik Sipil (PSTS) bertaraf nasional dengan penanaman tata kelola berbasis nilai-nilai Islam.
  2. Menjadi Program Studi Teknik Sipil (PSTS) bertaraf nasional dengan penguatan dan penajaman tata Kelola berbasis nilai-nilai Islam.
  3. Menjadi Program Studi Teknik Sipil (PSTS) bertaraf internasional dengan penanaman berwawasan Islam.
  4. Menjadi Program Studi Teknik Sipil (PSTS) bertaraf internasional dengan penguatan dan penanaman berwawasan Islami.
  5. Menjadi Program Studi Teknik Sipil (PSTS) Pra-Riset dengan implementasi

 

Meningkatkan keterampilan mahasiswa

  1. Memberikan pelatihan2: software, manajemen, kewirausahan, kepemimpinan, organisasi, dll.
  2. Memberikan kesempatan mengikuti lomba-lomba
  3. Meningkatkan kemampuan  Bahasa  Inggris,  dengan  melaksanakan  pelatihan berkala difasilitasi prodi.
  4. Melaksanakan kuliah tamu secara berkala dari alumni, pihak swasta, pihak pemerintah dan stakeholder lain.

 

Meningkatkan fasilitas pendukung kegiatan kurikuler (perkuliahan, penyelesaian tugas, dan praktikum) dan non kurikuler.

  1. Pemberdayaan unggulan-unggulan yang dimiliki Program Studi Sarjana Teknik Sipil untuk meningkatkan kompetensi lulusan sesuai dengan perkembangan iptek dan tuntutan masyarakat.
  2. Peningkatan pelayanan, kinerja, dan produk Program Studi Sarjana Teknik Sipil didukung sumber daya yang memadai.
  3. Peningkatan infrastruktur TIK dalam rangka peningkatan akses pendidikan untuk mendorong pelaksanaan tata kelola pendidikan yang optimal.
  4. Pengembangan jejaring dan kemitraan dengan lembaga lokal, nasional, dan internasional untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma pendidikan tinggi.
  5. Peningkatan partisipasi mahasiswa dalam bidang Tri Dharma Pendidikan Tinggi untuk mengembangkan kemampuan soft skill.

 

Profil Lulusan Program Studi Teknik Sipil

Setelah Mahasiswa mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang disusun program studi, maka diharapkan profil Lulusan Program Studi Teknik Sipil :

Profil  Lulusan
Program Studi Teknik Sipil
No Profil  Lulusan Deskripsi Profil
1. PERANCANG 1.    Mampu merancang, menganalisis, menghitung proyek bangunan teknik sipil (Struktur. Geoteknik, Transportasi dan Bangunan Air) dengan mengutamakan unsur-unsur ekonomi serta memperhatikan kemampuan teknologi

2.    Dapat menganalisa studi (Feasibility study) dari suatu bangunan Teknik Sipil

3.    Mampu memperkirakan kondisi di lapangan dan laboratorium melalui serangkaian penelitian sondir, SPT, DCP, triaxial dan sebagainya yang sangat berguna dalam perencanaan konstruksi.

4.    Dapat membuat estimasi serta rencana  anggaran biaya proyek serta menguasai konsep ekonomi teknik.

2. PELAKSANA 1.   Dapat Menyusun program kerja di lapangan berdasarkan ilmu manajemen konstruksi

2.   Dapat melaksanakan pengontrolan pelaksanaan serta biaya proyek

3.   Dapat melakukan pengujian atau pemeriksaan yang dibutuhkan di lapangan seperti : slump test, kuat tekan beton, sondir dan Pengukuran dll.

4.   Dapat menginterpretasikan hasil test tersebut untuk menganalisa struktur.

5.   Dapat mengatasi kendala pelaksanaan proyek di lapangan melalui dasar ilmu teknik sipil.

6.   Dapat melakukan survey atau pemetaan topografi.

3. PENGAWAS 1.     Dapat melakukan monitoring kegiatan proyek dan dapat membuat laporan (mendokumentasikan)

2.     Dapat mengawasi pelaksanaan konstruksi berdasarkan gambar kerja (shop drawing)

3.     Dapat melakukan opname kegiatan proyek

4.     Dapat melakukan pengendalian mutu pekerjaan konstruksi.

5.     Dapat melakukan survey atau pemetaan topografi.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL):

CPL adalah kemampuan yang diperlukan untuk menjalankan peran yang sudah ditetapkan sebagai profil lulusan. CPL harus dirumuskan dengan mengacu pada jenjang kualifikasi KKNI dan SN-Dikti. CPL Terdiri dari Unsur Sikap, Ketrampilan Umum, Ketrampilan Khusus, dan Pengetahuan. Unsur Sikap dan Ketrampilan Umum mengacu pada SN-Dikti sebagai standart minimal, yang memungkinkan ditambah oleh program Studi untuk memberi ciri khusus lulusan. Untuk ketrampilan khusus dan pengetahuan dirumuskan dengan mengacu pada descriptor KKNI sesuai dengan jenjang pendidikan.

Adapun rumusan CPL yang digunakan program studi Teknik Sipil tetap mengacu pada SN-Dikti dan KKNI berorientasi MBKM dimana dalam pemberian nilai mata kuliah meliputi unsur Pengetahuan, Ketrampilan Umum dan Ketrampilan Khusus.

 

  1. CPL Bidang Keahlian Sumber Daya Air
    1. Sikap (S)
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  3. Menjunjung tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral, dan etika;
  4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  5. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  10. Menunjukkan sikap  bertanggungjawab  atas  pekerjaan  di  bidang  keahliannya secara mandiri; dan
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  12. Berakhlakul Karimah sesuai dengan nilai-nilai agama.
    1. Ketrampilan Umum (KU)
  13. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  14. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  15. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  16. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  17. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  18. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  19. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  20. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  21. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
    1. Ketrampilan Khusus (KK)
  22. mampu melaksanakan pekerjaan sebagai, pengawas,pelaksana, laboratorium pada proyek teknik sipil swasta  dan negri ,dibidang  rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  23. mampu mengimplementasikan teknologi dalam perencanaan dibidang Teknik Sipil serta dapat mengatasi  masalah diproyek pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.
  24. mampu melakukan penelitian , formulasi dan analisis masalah rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air
  25. mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmentalconsideration);
  26. mampu melakukan aktifitas rekayasa transportasi, merancang dan merencanakan proses pembangunan prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air dengan pendekatan analitis sesuai standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
  27. mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.

 

  1. Pengetahuan (PP)
  1. Menguasai konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta analisis dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.
  2. Menguasai konsep sains alam dan prinsip dalam mengaplikasikan matematika rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  3. menguasai prinsip dan teknik (termasuk peraturan, norma, standar, pedoman dan manual) rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  4. menguasai prinsip-prinsip peraturan, norma, standar, pedoman, dan manual yang berlaku pada rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  5. menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
  6. menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi, organisasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.

 

  1. CPL Bidang Keahlian Struktur
    1. Sikap (S)
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  3. Menjunjung tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral, dan etika;
  4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  5. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  10. Menunjukkan sikap  bertanggungjawab  atas  pekerjaan  di  bidang  keahliannya secara mandiri; dan
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  12. Berakhlakul Karimah sesuai dengan nilai-nilai agama.
    1. Ketrampilan Umum (KU)
  13. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  14. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  15. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  16. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  17. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  18. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  19. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  20. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  21. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

 

  1. Ketrampilan Khusus (KK)
  1. mampu melaksanakan pekerjaan sebagai, pengawas,pelaksana, laboratorium pada proyek teknik sipil swasta  dan negri ,dibidang  rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  2. mampu mengimplementasikan teknologi dalam perencanaan dibidang Teknik Sipil serta dapat mengatasi  masalah diproyek pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.
  3. mampu melakukan penelitian , formulasi dan analisis masalah rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air
  4. mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmentalconsideration);
  5. mampu melakukan aktifitas rekayasa transportasi, merancang dan merencanakan proses pembangunan prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air dengan pendekatan analitis sesuai standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
  6. mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.

 

  1. Pengetahuan (PP)
  1. Menguasai konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta analisis dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.
  2. Menguasai konsep sains alam dan prinsip dalam mengaplikasikan matematika rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  3. menguasai prinsip dan teknik (termasuk peraturan, norma, standar, pedoman dan manual) rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  4. menguasai prinsip-prinsip peraturan, norma, standar, pedoman, dan manual yang berlaku pada rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  5. menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
  6. menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi, organisasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.

 

  1. CPL Bidang Keahlian Geotek (Tanah)
  2. Sikap (S)
  3. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  4. Menjunjung tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral, dan etika;
  5. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  6. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  7. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  8. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  9. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  11. Menunjukkan sikap  bertanggungjawab  atas  pekerjaan  di  bidang  keahliannya secara mandiri; dan
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  13. Berakhlakul Karimah sesuai dengan nilai-nilai agama.
  14. Ketrampilan Umum (KU)
  15. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  16. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  17. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  18. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  19. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  20. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  21. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  22. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  23. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  24. Ketrampilan Khusus (KK)
  25. mampu melaksanakan pekerjaan sebagai, pengawas,pelaksana, laboratorium pada proyek teknik sipil swasta  dan negri ,dibidang  rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  26. mampu mengimplementasikan teknologi dalam perencanaan dibidang Teknik Sipil serta dapat mengatasi  masalah diproyek pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.
  27. mampu melakukan penelitian , formulasi dan analisis masalah rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air
  28. mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmentalconsideration);
  29. mampu melakukan aktifitas rekayasa transportasi, merancang dan merencanakan proses pembangunan prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air dengan pendekatan analitis sesuai standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
  30. mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.

 

  1. Pengetahuan (PP)
  2. Menguasai konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta analisis dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.
  3. Menguasai konsep sains alam dan prinsip dalam mengaplikasikan matematika rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  4. menguasai prinsip dan teknik (termasuk peraturan, norma, standar, pedoman dan manual) rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  5. menguasai prinsip-prinsip peraturan, norma, standar, pedoman, dan manual yang berlaku pada rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  6. menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
  7. menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi, organisasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.

 

  1. CPL Bidang Keahlian Transportasi
  2. Sikap (S)
  3. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  4. Menjunjung tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral, dan etika;
  5. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  6. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  7. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  8. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  9. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  10. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  11. Menunjukkan sikap  bertanggungjawab  atas  pekerjaan  di  bidang  keahliannya secara mandiri; dan
  12. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  13. Berakhlakul Karimah sesuai dengan nilai-nilai agama.

 

  1. Ketrampilan Umum (KU)
  2. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang  memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  3. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  4. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  5. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  6. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  7. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  8. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  9. mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  10. mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

 

  1. Ketrampilan Khusus (KK)
  2. mampu melaksanakan pekerjaan sebagai, pengawas,pelaksana, laboratorium pada proyek teknik sipil swasta  dan negri ,dibidang  rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  3. mampu mengimplementasikan teknologi dalam perencanaan dibidang Teknik Sipil serta dapat mengatasi  masalah diproyek pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.
  4. mampu melakukan penelitian , formulasi dan analisis masalah rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air
  5. mampu merumuskan alternatif solusi untuk masalah rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmentalconsideration);
  6. mampu melakukan aktifitas rekayasa transportasi, merancang dan merencanakan proses pembangunan prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air dengan pendekatan analitis sesuai standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;
  7. mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.

 

  1. Pengetahuan (PP)
  2. Menguasai konsep teoretis sains-rekayasa (engineering sciences), prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta analisis dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air.
  3. Menguasai konsep sains alam dan prinsip dalam mengaplikasikan matematika rekayasa pada bidang rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, dan perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  4. menguasai prinsip dan teknik (termasuk peraturan, norma, standar, pedoman dan manual) rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  5. menguasai prinsip-prinsip peraturan, norma, standar, pedoman, dan manual yang berlaku pada rekayasa geoteknik, rekayasa transportasi, serta perancangan dan pembangunan (konstruksi) prasarana (infrastruktur) seperti jalan, jembatan, gedung, dan bangunan air;
  6. menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum;
  7. menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi, organisasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.