Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217 (+62)61 7869790 admin@ft.uisu.ac.id

Program Studi Teknik Industri

Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UISU merupakan 1 dari 5 Program Studi yang ada di Fakultas Teknik UISU. Program Studi Teknik Industri memulai aktivitas sejak tahun ajaran 1983/1984 dengan jumlah mahasiswa pada saat itu 13 orang. Jumlah mahasiswanya dari tahun ke tahun terus meningkat.

Program Studi Teknik Industri berubah namanya menjadi Program Studi Teknik dan Manajemen Industri pada tahun 1984, yang berpedoman pada Surat Keputusan DIKTI No. 131/DIKTI/Kep/1984 dimana perubahan ini tidak memberikan perubahan yang mendasar terhadap defenisi maupun tujuan umum pendidikannya.

Sejak tahun  1992 Program Studi Teknik Industri UISU memiliki status “Diakui” berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0670/O/1991 tanggal 28 Desember 1991.

Melalui keputusan Mendikbud RI No. 0218/U/1995 bertanggal 25 Juli 1995 tentang kurikulum yang berlaku secara nasional, maka semua Program Studi di Fakultas Teknik UISU Medan, telah menyesuaikan kurikulum dengan kurikulum Nasional tersebut termasuk Program Studi Teknik dan Manajemen Industri dan telah menerapkannya pada tahun ajaran 1996/1997.

Berdasarkan keputusan Mendikbud No. 0218/U/1995 tersebut Program Studi Teknik dan Manajemen Industri dirubah menjadi Program Studi Teknik Industri, dan dengan berpedoman atas hal ini dan kurikulum yang telah disempurnakan maka Program Studi Teknik dan Manajemen Industri di Fakultas Teknik UISU diubah menjadi Program Studi Teknik Industri.

Pada tahun 1999 Program Studi Teknik Industri UISU terakreditasi dengan kategori B (Baik) berdasarkan Sertifikat Akreditasi Ban-PT No. 0737/Ak-II.1/UIHTKI/XII/1998, 22/12/1998. Pada tahun 2004 telah dilakukan akreditasi ulang dengan hasil kategori B (Baik) berdasarkan SK BAN-PT No. 12/BAN-PT/Ak-VII/S1/IV/2004 tanggal 16 April 2004.

Pada tahun 2013 telah dilakukan akreditasi ulang dan terakreditasi kembali pada tanggal 03 Oktober 2013 berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 203/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/X/2013.

Terakreditasi ulang pada tahun 2017 dengan hasil kategori B (Baik) berdasarkan SK BAN-PT No.  1513/SK/BAN-PT/Akred/V/2017 tanggal 23 Mei 2017.

Berdasarkan Keputusan LAM Teknik No.0149/SK/LAM Teknik/AS/VIII/2023 Menyatakan  bahwa Program Studi Teknik Industri pada Program Sarjana  Universitas Islam Sumatera Utara Medan. Terakreditasi dengan Peringkat BAIK SEKALI . Sertifikat ini berlaku mulai tanggal 21 Agustus 2023 hingga 20 Desember 2027.

 

VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI DAN UNIVERSITY VALUE

Visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Teknik Industri (PSTI) Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara  disusun dengan mengacu pada visi, misi,tujuan dan sasaran Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara. Visi, Misi, Tujuan,  dan Sasaran Fakultas Teknik merujuk kepada visi misi, tujuan dan sasaran  Universitas Islam Sumatera Utara  sebagaimana tercantum dalam Statuta Universitas Islam Sumatera Utara tahun 2003.

Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) melakukan revitalisasi visi, misi, tujuan dan sasaran berdasarkan SK Yayasan No 172 tahun 2012 tanggal 29 Oktober 2012. Sejalan dengan itu, maka Fakultas dan Prodi ikut menyelenggarakan revitalisasi terhadap Visi, Misi, tujuan dan Sasarannya. Pada tahun 2020 program studi teknik industri kembali melakukan revitalisasi visi, misi, tujuan dan sasaran dan menyesuaikan dengan perkembangan kebutuhan pasar dan teknologi industri 4.0.

Pihak-pihak yang terkait dalam proses mekanisme pembentukan visi, misi, tujuan dan sasaran prodi teknik industri adalah:

Pihak Internal    :

  • Pimpinan Fakultas
  • Pimpinan Prodi
  • Dosen
  • Mahasiswa
  • Pegawai

 

Pihak Eksternal :

  • Alumni Prodi Teknik Industri
  • Stakeholders sebagai pengguna lulusan teknik industri

 

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Industri yang dapat menghasilkan Sarjana yang Islami dan Unggul dalam bidang Tekno Manajerial dan berjiwa Tekno Entrepreneurship

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang melampaui Standar Pendidikan Tinggi Nasional dan berorientasi kepada kebutuhan tekno manajerial dan tekno preneurship.
  2. Meningkatkan kinerja Program Studi Teknik Industri dalam hal Pembelajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat serta Dakwah Islamiah sehingga unggul pada tahun 2027.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan yang mampu menguasai tekno manajerial dan tekno
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang memiliki keunggulan di bidang Teknik Industri dan mampu menerapkan teknologi tepat guna yang menjawab kebutuhan masyarakat secara berkesinambungan dan sesuai dengan nilai- nilai Islami.

Strategi

  1. Untuk mencapai tujuan pertama : Menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan yang mampu menguasai tekno manajerial dan tekno preneurship, sasaran Prodi Teknik Industri adalah:
  2. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan sesuai standar pelayanan
  3. Melakukan evaluasi kurikulum secara berkala sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan stakeholders.
  4. Mengembangkan SDM melalui peningkatan pendidikan dan pelatihan baik dosen maupun pegawai.
  5. Lulusan mempunyai IPK ≥ 3,00 dengan masa studi rata-rata 4 tahun (90%) serta masa tunggu lulusan ≤ 6 bulan.
  6. Menghasilkan lulusan dengan keterampilan (softskill) yang cukup dalam bidang tekno manajerial dan tekno preneurship untuk bersaing.

 

  1. Untuk mencapai tujuan kedua : Menghasilkan karya ilmiah yang memiliki keunggulan di bidang Teknik Industri dan mampu menerapkan teknologi tepat guna yang menjawab kebutuhan masyarakat secara berkesinambungan dan sesuai dengan nilai-nilai Islami, sasaran Prodi Teknik Industri adalah:
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen dalam melakukan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Islami.
  3. embimbing mahasiswa untuk membuat proposal Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan Ristek Dikti maupun pihak lain dalam skala lokal, nasional dan internasional.

 

University Value

Islami :

Civitas akademika dan tenaga kependidikan Program Studi Teknik Industri UISU memiliki keilmuan, ketaqwaan, dan integritas/akhlak yang tinggi/baik.

Program Studi Teknik Industri UISU menghendaki seluruh warganya mencapai puncak ke Islaman yang harus terwujud pada kepemilikan/penerapan ilmu yang tinggi, yang bukan hanya melaksanakan ibadah, namun juga memiliki kepekaan sosial dan akhlak yang mulia.

 

Andal :

Civitas akademika dan tenaga kependidikan Program Studi Teknik Industri UISU merupakan personal yang terpercaya dan profesional.

Program Studi Teknik Industri UISU menghendaki seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan menjadi personal yang cerdas, disiplin, mandiri, kreatif, inovatif, mampu bekerja dalam tim, jujur dan adil serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

Teruji :

Civitas akademika dan tenaga kependidikan Program Studi Teknik Industri merupakan personal yang tangguh, memiliki konsistensi (istiqomah), dan kompetensi yang baik pada setiap bidang keahliannya.

Program Studi Teknik Industri UISU menghendaki seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan menjadi personal yang tangguh, peka terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya, dan mampu menemukan solusi bagi setiap permasalahan baik pribadi, institusi, maupun masyarakat, konsisten antara perkataan dengan perbuatan, serta memiliki kompetensi yang memberikan kontribusi bagi pengembangan institusi dan masyarakat sesuai dengan bidang keahliannya.

 

Bermartabat Mulia :    

Civitas akademika dan tenaga kependidikan Program Studi Teknik Industri UISU merupakan personal yang menjunjung tinggi etika dan moral.

Program Studi Teknik Industri UISU menghendaki seluruh sivitas akademika dan tenaga kependidikan menjadi  personal yang menjaga kehormatan dan harga dirinya, dengan berperilaku yang baik di mata Allah dan masyarakat, dengan senantiasa belajar sepanjang hidup demi meningkatkan kualitasnya.

 

Tekno Manajerial

Civitas akademika dan tenaga kependidikan Program Studi Teknik Industri UISU merupakan personal yang mempunyai kemampuan manajerial dalam ruang lingkup keteknikindustrian.

Program Studi Teknik Industri UISU mengarahkan dan mengembangkan kemampuan civitas akademikanya untuk mampu mengintegrasikan, mengkoordinasikan, dan menggerakkan organisasi perusahaannya dalam mencapai tujuan dengan baik.

 

Berjiwa Teknopreneurship

Civitas akademika dan tenaga kependidikan Program Studi Teknik Industri UISU merupakan personal yang mempunyai jiwa bisnis dengan pemanfaatan teknologi.

Program Studi Teknik Industri UISU mengarahkan dan mengembangkan kemampuan civitas akademikanya untuk  menggabungkan pemanfaatan teknologi informasi dengan bisnis konvensional dalam membuka peluang bisnis baru.

 

Dicintai Masyarakat :

Civitas akademika dan tenaga kependidikan Program Studi Teknik Industri UISU memiliki produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

Program Studi Teknik Industri UISU mengarahkan dan mengembangkan potensi serta kemampuan civitas akademikanya untuk kreatif dan aktif menemukan dan mengembangkan produk ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat.

 

Diridhai Allah SWT :

Civitas akademika dan tenaga kependidikan Program Studi Teknik Industri UISU melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar.

Program Studi Teknik Industri UISU menghendaki sivitas akademika dan tenaga kependidikan  untuk saling istiqomah menegakkan amar ma’ruf nahi munkar, yaitu dengan tangan, dengan lisan dan dengan hati atas kemungkaran yang ada.

 

PROFIL DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Profil Lulusan dan Deskripsi Profil

Profil lulusan program studi teknik industri setelah mempertimbangkan kebutuhan pasar kerja yang dibutuhkan di Indonesia umumnya dan di propinsi Sumatera Utara khususnya baik dari segi dunia usaha maupun industri, serta kebutuhan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi maka diharapkan lulusan Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik UISU bisa menjadi seorang Asisten Manajer ataupun seorang Entrepreneur.

 

Tabel 4 : Keselarasan Profil Lulusan dengan Deskripsi Profil

No Profil Lulusan Deskripsi Profil
1 Asisten Manajer

 

     Mampu memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem usaha melalui fungsi dan proses manajemen dengan bertumpu pada keunggulan sumberdaya insani dalam menghadapi lingkungan usaha yang dinamis.
2 Enterpreneur      Mampu memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat dan pemerintah.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) tahun 2020 rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan dibagi ke dalam 4 kelompok yaitu sikap dan keterampilan umum seperti yang tercantum pada SNPT sedangkan untuk keterampilan khusus dan pengetahuan telah ditetapkan oleh Badan Kerjasama Penyelenggara Pendidikan Tinggi Teknik Industri Indonesia (BKSTI).

 

Sikap

  1. Bertaqwa kepada Allah SWT dan mampu menunjukkan sikap religious (S1)
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S2)
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila (S3)
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S4)
  1. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S5)
  2. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S6)
  3. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S7)
  4. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S8)
  5. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S9)
  6. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan (S10)
  7. Berakhlakkul karimah sesuai dengan nilai-nilai Agama (S11)

 

Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atauimplementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1)
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU2)
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU3)
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU4)
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
  6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya (KU6)
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya (KU7)
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri (KU8)
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi (KU9)

 

Pengetahuan

Profil Asisten Manajer

  1. Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi (P1)
  2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem (P2)
  3. Menguasai pengetahuan tentang komunikasi teknik (engineering communication) dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini (P3)
  4. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (P4)

 

Profil Asisten Entrepreneur

  1. Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi (P1)
  2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem (P2)
  3. Menguasai pengetahuan tentang komunikasi teknik (engineering communication) dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini (P3)
  4. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (P4)

 

Keterampilan Khusus

Profil Asisten Manajer

  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi) (KK1)
  2. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental (KK2)
  3. Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration) (KK3)
  4. Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kultural (KK4)
  5. Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi (KK5)
  6. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa (KK6)
  7. Mampu melakukan komunikasi secara tertulis maupun lisan yang efektif (KK7)
  8. Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etika keprofesian (KK8)
  9. Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup (KK9)
  10. Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja (KK10)
  11. Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip ke-Islaman dan kebangsaan (KK11)

 

Profil Asisten Manajer

  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi) (KK1)
  2. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental (KK2)
  3. Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration) (KK3)
  4. Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kultural (KK4)
  5. Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi (KK5)
  6. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa (KK6)
  7. Mampu melakukan komunikasi secara tertulis maupun lisan yang efektif (KK7)
  8. Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etika keprofesian (KK8)
  9. Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup (KK9)
  10. Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja (KK10)
  11. Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip ke-Islaman dan kebangsaan (KK11)

 

Struktur Kurikulum

Struktur Kurikulum Program Studi wajib mengandung unsur sebagai berikut :

  1. Mata Kuliah Penguatan Karakter;
  2. Mata Kuliah bidang Program Studi terkait;
  3. Mata Kuliah Lintas Bidang dalam 1 (satu) rumpun ilmu;
  4. Mata Kuliah Lintas bidang lintas rumpun;