Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217 (+62)61 7869790 admin@ft.uisu.ac.id

Program Studi Teknik Elektro

Program Studi  Teknik Elektro memulai aktivitas sejak tahun ajaran 1977/1978. Sejak tahun  1981 Program Studi  Teknik Elektro Fakultas Teknik UISU  memperoleh Status Terdaftar untuk tingkat Sarjana Muda berdasarkan SK. Mendikbud No. 0196/0/1981 tanggal  8 Juni 1981. Sejak tahun  1984 Program Studi  Teknik Elektro Fakultas Teknik UISU  memperoleh Status Terdaftar  untuk  tingkat  Sarjana  berdasarkan  SK Mendikbud No. 056/0/1984,  tanggal 6 Maret  1984  Sejak tahun  1989 Program Studi  Teknik Elektro FT. UISU memiliki status “Diakui” berdasarkan  SK. Mendikbud No. 0573/0/1989, tanggal 7 September 1989.  Sejak tahun  1991 Program Studi  Teknik Elektro FT. UISU memiliki status “Disamakan” berdasarkan  SK Mendikbud No. 0671/0/1991, tanggal 28 Desember 1991.  Pada tahun 2002 Program Studi  Teknik Elektro FT. UISU terakreditasi dengan kategori C  berdasarkan SK BAN-PT No.010/BAN-PT/Ak.-V/S1/VI/2002 dan Sertifikat No. 05053/AK-V-S1-010/UIHTFE/2002.  Pada tahun 2005 Program Studi  Teknik Elektro FT. UISU telah dilakukan akreditasi ulang dengan hasil kategori B (Baik) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional Program Sarjana  No.021/BAN-PT/Ak.-IX/S1/2005, tanggal  17 Nopember 2005 dan Sertifikat No. 07851/AK-IX-S1-021/UIHTFE/XI/2005, tanggal   21 Nopember 2005. Pada tahun 2013 Program Studi  Teknik Elektro FT. UISU telah dilakukan akreditasi ulang dengan hasil kategori C (Cukup) berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departeman Pendidikan Nasional Program Sarjana  No.174/SK/BAN-PT/Ak.-XVI/S/2013, tanggal  24 Agustus 2013 dan berlaku sampai dengan tanggal 24 Agustus 2018.

Berdasarkan Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN PT No. 7423/SK/BAN/PT/Akred/ S/X/2022, menyatakan bahwa Program Studi Teknik Elektro, Pada Program Sarjana Universitas Islam Sumatera Utara Kota Medan, memenuhi syarat peringkat Akreditasi Baik. Sertifikat akreditasi program studi ini berlaku  Sejak tanggal 22 Oktober- 2022 sampai dengan 27 Oktober 2025

 

VISI, MISI, TUJUAN, STRATEGI , DAN NSASARAN

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan , strategi dan University Value dari program studi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara dilandasi Statuta UISU Tahun 2016, SK Rektor UISU Tahun 2020 tentang kebijakan MBKM dan Revitalisasi visi, misi Universitas

 

Visi

Menjadi Program Studi Teknik Elektro yang Islami, menghasilkan lulusan yang unggul  dalam bidang teknik tenaga listrik yang Berkelanjutan

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan teknik elektro yang unggul dan kompeten untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional
  2. Melaksanakan penelitian yang berkualitas dan dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional secara berkelanjutan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penyuluhan, bantuan teknik, pendidikan dan pelatihan yang bermanfaat bagi masyarakat dan menghasilkan innovasi di bidang teknik elektro yang berkelanjutan.
  4. Melaksanakan Dakwah Islamiyah dan memperluas hubungan kerjasama dengan instansi lain.

 

 Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana teknik elektro yang memiliki kemampuan akademik dan profesional, mempunyai jiwa kewirausahaan dalam bidang teknik elektro sehingga dapat mengembangkan ilmu pengetahuan bidang teknologi berkelanjutan.
  2. Meningkatkan budaya meneliti dan menulis karya ilmiah di kalangan dosen dan mahasiswa serta menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan sarjana teknik elektro yang berperan aktif dalam membantu pemerintah, masyarakat dan stakeholder melalui pengabdian kepada masyarakat dengan teknologi berkelanjutan.
  4. Menghasilkan sarjana teknik elektro yang mampu menjadi panutan dalam penerapan nilai-nilai islami di masyarakat melalui Dakwah Islamiyah.

 

Strategi

Untuk mencapai tujuan strategi yang dilakukan adalah:

  1. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan sesuai standar pelayanan
  2. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran
  3. Melakukan evaluasi kurikulum secara berkala sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan stakeholders.
  4. Menghasilkan lulusan dengan keterampilan (softskill) yang cukup
  5. Memberikan pelatihan-pelatihan: software, manajemen, kewirausahan, kepemimpinan, organisasi, dll.
  6. Memberikan kesempatan mengikuti lomba-lomba
  7. Meningkatkan kemampuan  Bahasa  Inggris toefl.
  8. Melaksanakan kuliah tamu secara berkala dari alumni, pihak swasta, pihak pemerintah dan stakeholder .

 

Sasaran

Dalam Usaha Untuk mencapai tujuan  yang dilakukan adalah:

  1. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan sesuai standar pelayanan
  2. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran
  3. Melakukan evaluasi kurikulum secara berkala sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan stakeholders.
  4. Menghasilkan lulusan dengan keterampilan (softskill) yang cukup
  5. Memberikan pelatihan-pelatihan : manajemen, kewirausahaan, kepemimpinan, organisasi, dll.
  6. Memberikan kesempatan mengikuti lomba-lomba
  7. Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris toefl.
  8. Melaksanakan kuliah tamu secara berkala dari alumni, pihak swasta, pihak pemerintah dan stakeholder .

 

Profil Dan Capaian Pembelajaran Lulusan

  1. Profil Lulusan Program Studi Teknik Elektro

Setelah mahasiswa mengikuti seluruh proses pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang disusun program studi, maka diharafkan profil lulusan program studi teknik elektro adalah :

Tabel 1 : Keselarasan Profil Lulusan

No Profil Lulusan Deskripsi Profil
1 Manager Teknik Elektro

 

Sarjana Teknik Elektro mempunyai kemampuan manajerial yang profesional bekerja dengan mengandalkan keahlian dibidang teknik elektro, merencanakan, mengembangkan, menguji, mengoperasikan, mengawasi, sistem electric serta memelihara peralatan Gardu Induk
2 Engineering Desinger Sarjana Teknik Elektro memiliki kemampuan dalam menyelesaikan masalah-masalah teknis di masyarakat, piranti yang modern dengan  menggunakan matematika dan sains
3 Wirausahaan /Technopreneur Sarjana Teknik Elektro secara mandiri dapat mengembangkan berbagai jenis usaha keahlian yang terkait dalam bidang Teknik Elektro sehingga berkontribusi nyata pada perluasan lapangan pekerjaan (minimal bagi dirinya sendiri) mampu berkompitisi.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)

Profil  diatas dapat dicapai melalui proses pembelajaran dengan mengacu pada capaian pembelajaran (CP). Kurikulum Teknik Elektro mengacu CP-SN DIKTI

Merujuk kepada UU PT No.12 Tahun 2012, Perpres RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI, dan Permenristekdikti Nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Perpres RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI, lulusan program studi rumpun Teknik Elektro memiliki standar kompetensi lulusan yang dinyatakan dalam rumusan Capaian Pembelajaran.

Setiap lulusan program pendidikan rumpun Teknik Elektro harus memiliki kemampuan yang mencakup Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum, dan Keterampilan Khusus berikut : Capaian pembelajaran Sikap dan Keterampilan Umum merujuk Permenristekdikti Nornor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Capaian pernbelajaran Sikap dan Keterampilan Umum tersebut dapat ditarnbahkan oleh perguruan tinggi yang mengelola Program Sarjana rumpun Teknik Elektro.

 

Capaian Pembelajaran Sikap (S)

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan   etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

Capaian Pembelajaran Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implemmentasi ilmu pengetahuan
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  5. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
  6. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

 Capaian Pembelajaran Pengetahuan (P)

  1. Menguasai ilmu matematika dan statistik, kemampuan mendapatkan dan menerapkan pengetahuan matematika level Fakultas termasuk kalkulus integral¬ diferensial, aljabar linier, variable kompleks, serta probabilitas dan statistic
  2. Menguasai ilmu sains, kemampuan menerapkan pengetahuan dan sains dasar lain yang sesuai dengan bidang Teknk Elektro
  3. Menguasai divais dasar teknik elektro, kemampuan menerapkan pengetahuan komputasi yang diperlukan untuk menganalisa dan merancang divais atau sistem kompleks
  4. Menguasai ilmu wawasan teknik elektro,kemampuan menerapkan pengetahuan inti (core knowledge) bidang teknik elektro termasuk rangkaian elektrik, sistem dan sinyal, sistem digital, elektromagnetik, dan elektronika
  5. Menguasai ilmu pilihan teknik elektro, kemampuan menerapkan pengetahuan keluasan (breadth knowledge) yang mencakup sejumlah topik kerekayasaan yang sesuai dengan bidang Teknik Elektro
  6. Menguasai ilmu umum, kemampuan menerapkan setidaknya satu bidang pengetahuan kedalaman (depth knowledge) yang sesuai dengan bidang Teknik Elektro

Capaian Pembelajaran Keterampilan Khusus (KK)

  1. Mampu melakukan identifikasi, formulasi, dan pemecahan masalah teknik elektro
  2. Mampu mengaplikasikan pengetahuan matematika, sains dan rekayasa dalam area teknik elektro
  3. Mampu memahami kebutuhan dan kemampuan untuk perbaikan yang terus-menerus
  4. Mampu melakukan eksprimen serta analisa interprestasi data
  5. Mampu melakukan perancangan sistem (proses yang terdiri dari manusia, material, peralatan, informasi dan energy) untuk kebutuhan dalam berbagai kendala
  6. Memiliki pengetahuan terhadap isu-isu kontemprorer yang relevan bidang teknik elektro
  7. Mampu melakukan identifikasi masalah yang berkaitan dengan bidang teknik elektro
  8. Mampu untuk menerapkan model kewirausahaan di bidang teknik elektro
  9. Mampu memahami teknik manajemen proyek untuk sistem tenaga listrik