Diguyur Hujan, UISU Peringati Hari Kelahiran Pancasila

Harlah Pancasila 818x516

Meski diguyur hujan, kalangan Civitas Akademika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dengan khidmat tetap memperingati Hari Kelahiran Pancasila Sabtu (1/6) di halaman kampus Jalan SM Raja Medan yang dipimpin Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin MAP. Peringatan hari Pancasila itu ditandai dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, UUD 1945, Kepres RI No 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahirnya Pancasila, lagu Garuda Pancasila, dan doa.

Hadir pada kesempatan itu unsur Pembina Yayasan, Pengawas,  Pengurus Yayasan, Para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, Ka Prodi, dosen dan pegawai. Rektor Dr Yanhar Jamaluddin, MA pada kesempatan membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Hariyono, mengatakan bahwa Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Berkat Pancasila yang berkelindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berketa Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam kontek itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragama dapat bersatu.Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyonsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Dikatakannya, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. “Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keradilan. Kita Indonesia, kita Pancasila,”kata Rektor mengutip sambutan Plt Kepala BPIP.

kontributor: rasyid

redaktur : zakaria

HUBUNGI KAMI

Jl. Sisingamangaraja Teladan
Kelurahan Teladan Barat
Kecamatan Medan Kota
Medan – Sumatera Utara
Telp. (061) 7869790
JoomShaper