JURNAL INFOTEKJAR PRODI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UISU TERAKREDITASI PERINGKAT 3

Alhamdulillah Jurnal InFoTekJar Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara, Terakreditasi Peringkat 3, sebagai Jurnal Ilmiah. Akreditasi berlaku selama 5 (lima) tahun, yaitu Volume 2 Nomor 1 Tahun 2018 sampai Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022. Insya Allah untuk Jurnal-Jurnal yang lain akan terakreditasi pada tahun depan, Aamiiin.

Di Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara ada 4 (empat) Jurnal:

  1. Buletin Utama Teknik : dikelola oleh Fakultas Teknik UISU
  2. InFoTekJar : dikelola oleh Prodi Teknik Informatika FT.UISU
  3. JET (Journal of Electrical Technology) : dikelola oleh Prodi Teknik Elektro FT.UISU
  4. PISTON : dikelola oleh Prodi Teknik Mesin FT.UISU

 

BULETIN UTAMA TEKNIK

 ISSN 2598-3814 (Online) | ISSN 1410-4520 (Cetak)  

Merupakan jurnal yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu di bidang keteknikan, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu keteknikan. Buletin Utama Teknik terbit 3 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September.

iNFOTEKJAR : JURNAL NASIONAL INFORMATIKA DAN TEKNOLOGI JARINGAN

ISSN 2540-7600 (Online) | ISSN 2540-7597 (Cetak)

DOI Prefix 10.30743 By Crossref

Merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi teknik informatika Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu dibidang Informatika dan Teknologi jaringan, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu informatika. InfoTekjar terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan maret dan september, terbitan pertama bulan september 2016. Artikel yang masuk akan diterima oleh editor untuk kemudian diteruskan ke editor bagian dan diteruskan lagi ke reviewer untuk di review dengan menggunakan double blind peer review.

                    

JET (JOURNAL OF ELECTRICAL TECHNOLOGY)

 ISSN 2598-1099 (Online) | ISSN 2502-3624 (Cetak) 

Merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UISU Medan, yang memuat artikel ilmiah tentang Ilmu Teknik Elektro
dan Informatika, berupa karya ilmiah maupun hasil penelitian. JET ini terbit tiga kali setahun yaitu periode Februari, Juni dan Oktober.

PISTON (JURNAL ILMIAH TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UISU)

ISSN 2548-1878 (Online) | ISSN 2548-186X (Cetak)

Merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Teknik Mesin Universitas Islam Sumatera Utara, yang memuat artikel Ilmiah tentang Ilmu Teknik Mesin berupa karya ilmiah maupun hasil penelitian. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode November dan Mei 

 

PELANTIKAN DEKAN FAKULTAS TEKNIK UISU MASA BAKTI 2019-2023

 

Ir. H. Abdul Haris Nasution, M.T, Terpilih Sebagai Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara Medan untuk Masa Bakti 2019 – 2023.

Pada hari Rabu, Tanggal 13 Nopember 2019, Bertempat di ruang Serbaguna Yayasan UISU Jl. Sisingamangaraja Medan, Rektor Universitas Islam Sumatera Utara, Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP Melantik Dekan Fakultas Teknik UISU : Ir. H. Abdul Haris Nasution, M.T dan Dekan Fakultas Sastra UISU : Dr. H. Purwanto Siwi, S.S., M.A, Untuk masa bakti 2019 – 2023.

Identitas Dekan Fakultas Teknik UISU:

Nama lemgkap                        : Ir. H. Abdul Haris Nasution, MT

Jenis Kelamin                          : Laki-Laki

Jabatan Fungsional                  : Lektor Kepala

NIDN                                      : 0109106801

Tempat dan Tanggal Lahir        : P. Sidempuan / 09 Oktober 1968

E-mail                                    : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Nomor HP                               : 0813-7555-0693

Alamat Rumah                       :    Alamat Rumah                        : Komplek Graha Indah Kelapa Gading Blok G No. 11 Jl. Kelambir V – Tj. Gusta Medan

        

 

        

MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO FT. UISU KUNJUNGAN INDUSTRI KE DOLOK ILIR

Pada hari Sabtu, Tanggal 26 Oktober 2019 Dosen dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UISU melaksanakan kunjungan Industri ke PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero) dan ke PLTA Bah Bolon, Dolok Ilir Kabupaten Simalungun.

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara merupakan lembaga perguruan tinggi yang tidak lepas dari peran mahasiswa sebagai objek pembelajaran, sehingga dituntut untuk dapat menguasai disiplin ilmu. Namun ada kecenderungan bahwa mahasiswa kurang begitu menyadari akan perannya sebagai mahasiswa, hali ini disebabkan kebanyakan dari mereka berorientasi terhadap kewajiban yang utama yaitu kuliah tanpa memperdulikan peran lainnya yang tak kalah pentingnya, dan sebenarnya predikat sebagai mahasiswa itu mempunyai tanggung jawab yang sangat besar terhadap masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas islam Sumatera Utara tidak lepas dari fungsi-fungsi lembaga kemahasiswaan, aktivitas dan kreatifitas mahasiswa dapat tertampung di lembaga kemahasiswaan tersebut. Di dalam lembaga tersebut mahasiswa akan dilantik dengan keahlian-keahlian dalam bidang keorganisasian, kemasyarakatan, dan bakat minat sehingga terjun kemasyarakat dan memfungsikan dirinya secara mantap. Karena kreadibilitas seorang mahasiswa dapat dilihat ketika mahasiswa tersebut tanggap dan mampu mengkritisi dinamika kehidupan social dan kondisi keilmuan yang tengah terjadi.

Tema kegiatan ini adalah : Menyiapkan Sumber Daya Manusia Berdedikasi Guna Terbentuknya Organisasi Kemahasiswaan Berintegritas, Akademis dan Totalitas.

Maksud dan Tujuan : Untuk membentuk dan menyiapkan sumber daya manusia dalam menyongsong perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat. Menyiapkan pengurus-pengurus organisasi kemahasiswaan baru yang berdedikasi.

 

                 

 

                 

 

 

REKTOR UISU SERAHKAN MAHASISWA BARU KE DEKAN FT.UISU

Selasa AA

Setelah selesai kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UISU Tahun 2019 di tingkat Universitas, selanjutnya kegiatan diserahkan ke Fakultas.

Rektor UISU Dr. H. Yanhar Jamaluddin, MAP di damping para Wakil Rektor UISU pada hari Selasa, 10 September 2019, pukul 15.00 WIB di halaman kampus Jl. SM. Raja Medan menyerahkan Mahasiswa Baru Fakultas Teknik UISU kepada Dekan FT.UISU Ir. H. Abdul Haris Nasution, MT.

Rektor UISU juga memakaikan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa baru UISU TA. 2019/2020 secara simbolis.

SELASA BBB

 

SELASA CCC

 

 

PKKMB UISU TAHUN 2019 HARI KE 2

SELASA A

Pada hari kedua, Selasa, 10 September 2019, Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UISU, diisi dengan beberapa acara antara lain:

  1. Kuliah Umum tentang : Mitigasi Bencana Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Menghadapi Ancaman Bencana, Pemateri dari PNPB Sumut
  2. Kuliah Umum tentang : Sosialisasi Bahaya Narkoba Bagi Mahasiswa, Pemateri dari Poldasu.
  3. Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Mahasiswa
  4. Pengenalan Organisasi Kemahasiswaan di UISU

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Teknik UISU pada hari kedua Selasa, 10 September 2019 yang hadir mengikuti PKKMB sebanyak 116 orang mahasiswa.

SELASA B     SELASA C    

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) FT. UISU TAHUN 2019

SENIN 4

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Islam Sumatera Utara Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Senin, Selasa dan Rabu, tanggal 6 – 11 September 2019, bertempat di Kampus UISU Jln. SM. Raja Teladan Medan. Pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa, di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan/cinta tanah air/bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Fakultas Teknik UISU pada hari pertama Senin, 9 September 2019 yang hadir mengikuti PKKMB sebanyak 120 orang mahasiswa dari 152 orang mahasiswa.

Kegiatan pada hari pertama, Senin antara lain yaitu : Upacara pembukaan PKKMB UISU Tahun 2019, Upacara Nasional, Pembacaan Ayat Suci Alquran, Laporan Ketua Panitia, Kata Sambutan Rektor, Ketua Umum Yayasan UISU, Kepala L2DIKTI, dan Kuliah Umum dengan Judul Mencegah Berkembangnya Faham Radikalisme dan Terorisme, Pemateri Pangdam I/BB.

SENIN 2

SENI 3

SENIN 1

HUBUNGI KAMI

Jl. Sisingamangaraja Teladan
Kelurahan Teladan Barat
Kecamatan Medan Kota
Medan – Sumatera Utara
Telp. (061) 7869790
JoomShaper