Teknik Elektro

VISI

Teknik Elektro menjadi salah satu program studi yang handal, Islami di bidang Teknik Tenaga Listrik, dicintai oleh masyarakat dan diridhoi Allah SWT.

MISI

Memberikan pengetahuan Teknik Tenaga Listrik dalam penguasaan hardware dan software untuk merencanakan, menganalisis dan merancang sebuah sistem Teknik Tenaga Listrik yang handal, dalam rangka membantu produktivitas kerja di berbagai bidang industri.

Menghasilkan sarjana yang islami dan berkwalitas,yang menguasai bidang ilmu Teknik Tenaga Listrik,memiliki kemampuan untuk menyerap dan beradaptasi dengan kemajuan dan perkembangan ilmu Teknik Tenaga Listrik serta penerapannya dalam masyarakat.

TUJUAN

Lulusan dari Program Studi akan menguasai pengetahuan di bidang Teknik Elektro dengan baik, berakhlak mulia, memiliki kemampuan dapat bekerja baik secara team maupun individu, kreatif dan inovatif dalam menciptakan lapangan kerja baru, serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan kepada masyarakat luas dan dapat melanjutkan pendidikannya ke Strata yang lebih tinggi.

 

KOMPETENSI LULUSAN

a.   Hardskill

Kompetensi Utama  :

1.Menguasai Harware dan Software untuk merekayasa, menganalisa, menoperasikan Teknik Tenaga Listrik dalam sistem yang canggih dan handal.

2.Mampu menguasai Information,Communication dan Teknologi (ICT).

3.Mampu memecahkan masalah secara sistematis sesuai dengan bidang keahlian.

Kompetensi Pendukung :

1.Mampu berkomunikasi secara efektif

2.Mampu bekerja dalam

Kompetensi Tambahan  :

1.Mempunyai jiwa wiraswasta (enterpreneurship) lainnya.

2.Menguasai bahasa asing

b.  Softskill

Intrapersonalskill                :

1.Memahami tanggung jawab professional

2.Mampu berkomunikasi secara efektif

3.Mampu bekerja dalam team mauoun individu

 c.Kurikulum
Struktur Kurikulum            :

KURIKULUM – TA. 2013 – JURUSAN TEKNIK ELEKTRO

Semester-I

No.

Kode

Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

Kompet.

D. Pengasuh

1

TEF 101

Pendidikan Agama Islam I

2

MPK

2

TEF 102

Pendidikan Pancasila

2

MPK

3

TEF 105

Bahasa Inggris

2

MBB

4

TEF 106

Fisika I

4

MKK

5

TEF 107

Kalkulus I

4

MKK

6

TEF 108

Kimia Dasar

2

MKK

7

TEJ 101

Dasar Teknik Elektro

2

MKB

8

TEJ 102

Menggambar Elektro Teknik

2

MKB

JUMLAH

20

Semester-II

No.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Kompet.

D. Pengasuh

1

TEF 201

Pendidikan Agama Islam II

2

MPK

2

TEF 204

Bahasa Indonesia

2

MKK

3

TEF 206

Fisika II

4

MKK

4

TEF 207

Kalkulus II

4

MKK

5

TEJ 201

Bahan-Bahan Listrik

2

MKK

6

TEJ 202

Dasar Komputer & Pemograman

2

MKK

7

TEJ 203

Rangkaian Listrk I

3

MKK

8

TEL 206

Praktikum Fisika

1

MKB

JUMLAH

20

     
Semester-III

No.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Kompet.

D. Pengasuh

1

TEF 301

Pendidikan Agama Islam III

2

MKK

2

TEF303

Pendidikan Kewarganegaraan

2

MKK

3

TEJ 301

Matematika Teknik I

3

MKK

4

TEJ 302

Probabilitas & Statistika

2

MKK

5

TEJ 303

Rangkaian Listrik II

3

MKK

6

TEJ 304

Pengukuran Besaran Listrik

2

MKK

7

TEJ 305

Dasar Elektronika

3

MKK

8

TEJ 306

Dasar Koversi Energi Listrik

2

MKB

9

TEL 307

Praktikum Komputer

1

MKB

JUMLAH

20

Semester-IV

No.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Kompet.

D. Pengasuh

1

TEF 401

Pendidikan Agama Islam IV

2

MKK

2

TEJ 401

Matematika Teknik II

3

MKK

3

TEJ 402

Metode Nukerik

2

MKB

4

TEJ 403

Medan Elektromagnetik

3

MKK

5

TEJ 404

Dasar Telekomunikasi

2

MKK

6

TEJ 405

Sistem Linier

3

MKB

7

TEJ 406

Dasar Sistem Digital

2

MKB

8

TEJ 403

Praktikum Rangkaian Listrik

1

MKB

9

TEL404

 Praktikum Pengukuran Besaran Listrik

 1

MKB

JUMLAH

19

Semester-V

No.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Kompet.

D. Pengasuh

1

TEF 501

Pendidikan Agama Islam V

2

MKB

2

TEF 509

Pengtahuan Lingkungan

2

MKB

3

TEJ 501

Mesin-Mesin Listrik I

3

MKK

4

TEJ 502

Thermodinamika

2

MKK

5

TEJ 503

Elektronika Daya

2

MKK

6

TEJ 504

Dasar Sistem Kontrol

2

MKK

7

TEJ 505

Transmisi Daya Elektrik (AC,DC)

3

MKB

8

TEJ 506

 Medan Elektromagnetik Lanjutan

 2

MKB

9

TEL504

 Praktikum.Dasar Telekomunkasi

 1

MKB

10

TEL 505

Praktikum Dasar Elektronika

1

MKB

JUMLAH

20

Semester-VI

No.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Kompet.

D. Pengasuh

1

TEF 601

Pendidikan Agama Islam VI

2

MKB

2

TEJ 601

Sistem Distribusi

3

MKB

3

TEJ 602

Mesin-Mesin Listrik II

3

MKB

4

TEJ 603

Gejala Medan Tinggi

2

MKK

5

TEJ 604

Analisa Sistem Tenaga I

2

MKB

6

TEJ 605

Teknik Instalasi

2

MKB

7

TEJ 606

Manajemen Industri

2

MKB

8

TEJ 607

Metode Penelitian

2

MKB

9

TEL 604

Praktikum Dasar Sistem Kontrol

1

MPB

10

TEL 606

Praktikum Dasar Konversi Energi Listrik

1

MPB

JUMLAH

20

Semester-VII

No.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Kompet.

D. Pengasuh

1

TEJ 701

Pembangkit Energi Listrik

2

MKB

2

TEJ 702

Analisa Sistem Tenaga II

2

MKB

3

TEJ 703

Sistem Proteksi

3

MPB

4

TEJ 704

Peralatan Tegangan Tinggi

2

MBB

5

TEJ 705

Pengaturan & Penggunaan Motor Listrik

3

MBB

6

TEJ 706

Rekayasa Sistem

2

MPB

7

TEJ 707

Kerja Praktek

2

MPB

8

TEL 701

Praktikum Sistem Distribusi

1

MBB

9

TEL 702

Praktikum Mesin-mesin Listrik

1

MPB

10

TEL 703

PraktikumPeralatan Tegangan Tinggi

1

MPB

JUMLAH

20

Semester-VIII

No.

Kode

Mata Kuliah

SKS

Kompet.

D. Pengasuh

1

TEJ 801

Kewirausahaan

2

MPB

2

TEJ 802

Pembumian Sistem Tenaga

2

MPK

MATAKULIAH PILIHAN
Sub Bidang Sistem Tenaga

TEJ 804

Ekonomi Sistem Tenaga

2

MPK

TEJ 805

Operasi Sistem Tenaga

2

MPK

TEJ 806

Penggunaan Komp Dalam Sistem Tenaga

2

MPK

TEJ 807

Kabel Energi

2

MPK

Sub Bidang Mesin-Mesin Listrik

TEJ 808

Teori Umum Mesin-Mesin Listrik

2

MPK

TEJ 809

Aplikasi Elektronika Daya

2

MPK

TEJ 810

Pembangkit E.L.Non Konvensional

2

MPK

TEJ 811

Trafo Lanjutan

2

MPK

Sub Bidang Teknik Tegangan Tinggi

TEJ 812

Perambatan Gelombang

2

MPK

TEJ 813

Teknik Isolasi

2

MPK

TEJ 814

Proteksi Tegangan Lebih Pada Sistem

2

MPK

TEJ 815

Proteksi Teg Lebih Pd.Peralatan TR

2

MPK

TEJ 816

Tugas Akhir

4

MPK

JUMLAH

16

TOTAL SKS

154

Sistim Pendidikan : Jurusan Teknik Elektro melaksanakan sistim pendidikan sebagaimana jurusan lainnya, yaitu yang dikenal dengan Sistim Kredit Semester ( SKS ). Pendidikan tersebut dilaksanakan dengan memberikan kuliah (tatap muka), Latihan Tugas Laboraturium, Kerja Praktek, membuat Tugas Skripsi, mengikuti Seminar dan ujian Sarjana. Jurusan teknik Elektro memiliki 3 (tiga) spesifikasi bidang mata kuliah pilihan, yaitu :
  1. Sistem Tenaga Listrik
  2. Mesin – Mesin Listrik
  3. Teknik Tegangan Tinggi

Jalur pilihan tersebut dilakukan dan dimulai pada Semester VIII Sesuai dengan hasil Akreditasi dari BAN-PT Jurusan Teknik Elektro telah mendapatkan Akreditasi C dengan Nomor : 174/SK/BAN-PT/AK-XVI/S/VIII/2013

PETA KURIKULUM, PEMBELAJARAN, dan SUASANA AKADEMIK.

1.  Kurikulum
Kurikulum Prodi. Teknik Elektro disesuaikan dengan visi, misi, sasaran ,dan tujuan. Sebagai contoh untuk mencapai visi, misi yang diharapkan, dalam kurikulum Prodi. Teknik Elektro diberikan mata kuliah lokal yang diharapkan dapat menjembatani visi, misi dan tujuan, mata kuliah secara umum yaitu Pendidkan Agama Islam, Mata Kuliah Praktikum dan Beberapa Mata Kuliah Pilihan, Mata Kuliah PAI adalah mata kuliah muatan lokal yang mengembangkan kompetensi kepribadian mahasiswa sehingga diharapkan dapat membekali mahasiswa untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia dan bermental tangguh serta beramar ma’ruf nahi mungkar. Mata Kuliah Pilihan adalah mata kuliah yang mengembangkan perpaduan kompetensi yang kemudian diarahkan kepada bagaimana mahasiswa mampu mengembangkan sistem secara baik, sistematis, berbobot,  sehingga mampu menemukan ide-ide untuk dijadikan sebagai penyelesaian permasalahan dilapangan ataupun sebagai bahan skripsi, mata kuliah pilihan yang tawarkan disesuaikan dengan minat dari mahasiswa pada semester gasal dan genap. Mata Kuliah Praktikum adalah mata kuliah yang mengembangkan perpaduan kompetensi dan aplikasi, mulai algoritma, perancangan sampai dengan implementasi sehingga diharapkan menjadi pendukung mata kuliah yang hanya membahas secara konseptual. Beberapa Mata Kuliah Wajib adalah mata kuliah sebagai pendukung mata kuliah kurikulum nasional dan mengembangkan kompetensi mahasiswa. Selain beberapa mata kuliah diatas untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bahasa inggris, mereka gunakan dalam memulai bersaing di tingkat global. Relevansi didasarkan atas penyerapan lulusan prodi. Teknik Elektro sebagai tenaga pada suatu industri. Dari hasil lulusan sebagian besar Prodi Teknik Elektro dapat bekerja sesuai dengan bidang keilmuan Teknik Elektro. Pembentukan kurikulum Prodi Teknik Elektro berdasarkan masukan dari stakeholders, seperti universitas serta fakultas, pengguna, akademisi dan sebagainya.  Adapun kurikulum pada prodi. Teknik Elektro adalah sebagai berikut :
Prosentase SKS pada kelompok Mata Kuliah
Tabel Kurikulum prodi. Teknik Elektro

No Kelompok Mata kuliah Kurnas (SKS) Kurlok (SKS ) Jumlah SKS
1 MK Pengembangan Kepribadian (MPK) 11 10 22
2 MK Keterampilan  (MKK ) 10 1 31
3 MK Keahlian Berkarya MKB 15 6 26
4 MK Prilaku Berkarya ( MPB ) 37 1 50
5 MK Kehidupan Bermasyarakat  ( MBB ) 4 - 6
Total SKS 77 18 135
Persentase 86% 14% 100 %
Pembenahan dan Evaluasi Kurikulum dilakukan setiap 4 tahun sekali, disesuaikan dengan kondisi dan relevansi, agar dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan IPTEKS untuk dapat memenuhi kebutuhan lapangan kerja yang berlaku. Dengan demikian para alumnus dapat mengikuti dan terlibat dalam setiap perubahan dan perkembangan. Peninjauan Kurikulum dilakukan berdasarkan beberapa usulan user, Stakeholder, pertemuan seminar tentang Kurikulum, usulan para dosen, masyarakat pengguna, serta para alumni. Kompetensi yang diharapkan dapat diperoleh oleh lulusan di  Prodi. Teknik Elektro mencakup;

Kualifikasi Kepribadian yaitu berakhlak mulia dan memiliki kepribadian yang  tinggi serta memiliki jiwa pembaharuan sebagaimana etos UISU sehingga  mampu menghadapi situasi-situasi yang berkembang sesuai dengan perkembangan teknik Elektro, yang dilandasi oleh kemampuan untuk mandiri sesuai perkembangan zaman. Memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika.

Kualifikasi Intelektual memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi, memformulasi, dan memecahkan masalah-masalah perancangan maupun perbaikan sistem integral yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi secara kreatif dengan menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional dan/atau eksperimental. Memiliki kemampuan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik Elektro.

Kualifikasi Profesional mempunyai kemampuan mengimplementasikan hasil-hasil pemecahan masalah dan mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampak sosial dan  lingkungan baik lokal maupun global. Mampu bersikap dan berperilaku dalam membawakan diri berkarya di bidang keahlian teknik Elektro maupun dalam berkehidupan bersama di masyarakat. Mampu beradaptasi terhadap teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi ke-teknik-Elektro. nya.

Kualifikasi Komunikasi mempunyai kemampuan untuk memaksimalkan kompetensi teknik Elektro  dalam mengembangkan dan meraih kompetensi lain.Serta mampu berkomunikasi secara efektif dan bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multidisiplin baik sebagai anggota maupun pimpinan. Pemberian Mata Kuliah lokal disesuaikan dengan kebutuhan peluang persaingan kompetensi yang sedang berkembang terlebih lagi kompetensi yang sangat dibutuhkan oleh pengguna dan masyarakat. Ada beberapa mata kuliah lokal yang ada di program studi Teknik Elektro, beberapa mata kuliah pilihan, mata kuliah praktikum, dan selebihnya mata kuliah wajib.

2.  Pembelajaran

Proses pembelajaran mahasiswa di Prodi Teknik Elektro untuk dapat lulus mencapai Sarjana Strata 1 (S-1) memerlukan waktu antara 8 – 12 semester, dimana rata-rata waktu penyelesaian studi selama empat tahun.

Misi Pembelajaran

Secara umum proses pembelajaran yang dilakukan Prodi. Teknik Elektro terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

- Internal         : misi pembelajaran yang dilakukan dilingkungan kampus, baik berupa perkuliahan reguler dikelas ataupun berupa praktikum di laboratorium
- Eksternal       : misi pembelajaran yang dilakukan diluar lingkungan kampus, meliputi kerja praktek,  penelitian, tugas akhir. Adapun operasionalisasi misi pembelajaran yang dijalankan oleh Program Studi Teknik Elektro adalah melaksanakan proses pembelajaran teknik Elektro sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dalam mengintegrasikan sistem industri untuk mengembangkan dan menciptakan suasana dan strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan potensi peserta didik dengan mengoptimalkan sarana serta daya dukung yang memadai (baik melalui kualifikasi pengajar, fasilitas, kerjasama antar instansi dan metode pembelajaran yang diterapkan). Sehingga diharapkan akan tercipta suasana yang kondusif, metode yang bisa diterima, dan fasilitas pembelajaran yang berbasis IT, kesemuanya merupakan daya dukung yang selalu diprioritaskan oleh prodi untuk mencapai cita-cita, tujuan dan misi program studi.

Mengajar

Tugas tenaga pengajar terdiri atas berbagai kegiatan yang dijabarkan dalam fungsi perguruan tinggi atau yang termaktub didalam tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Beban tri dharma perguruan tinggi dosen di Program Studi Teknik Elektro secara umum terinci sebagaimana tabel 10.

Tabel .Beban seorang dosen tetap dalam satu semester

No.

Kegiatan terstruktur Jumlah SKS persemester

1

Tatap muka diruang kelas

10

2

Penelitian

2

3

Aktivitas Terstruktur

1

4

Pengabdian Masyarakat

1

5

Pembimbingan

2

Total

16

BelajarKegiatan perkuliahan mahasiswa untuk mendalami setiap mata kuliah dapat dibagi beberapa jenis kegiatan berupa tutorial atau tatap muka dikelas, diskusi, presentasi, dan beberapa bentuk penugasan seperti ; tugas terstruktur, tugas lapangan / filed study praktikum, pembuatan ringkasan kuliah / makalah, atau tugas lain sesuai dengan mata kuliah yang diberikan. Pelaksanaan bimbingan merupakan suatu proses belajar secara intensif dan mandiri oleh mahasiswa, dimana pada proses ini diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan pengetahuan / pemahaman, ketrampilan ataupun kreativitasnya dalam bentuk penyelesaian tugas akhir. Selain itu, mahasiswa juga dibekali dengan program penguatan kompetensi professional  bahasa Inggris maupun komputer.Penilaian Kemajuan dan Keberhasilan BelajarIndikator hasil belajar mahasiswa diperoleh dari sistim evaluasi pembelajaran mahasiswa yang dapat dilihat dari nilai atau kemampuan untuk : a. Menyelesaikan soal, baik dalam bentuk  tugas mandiri ataupun kelompok b. Proses belajar yang meliputi ; keaktifan di kelas, presensi, kerjasama, dll. b. Ujian terstruktur, yaitu Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. c. Tugas terstruktur berupa laporan, makalah. d. Presentasi Tugas. Parameter penilaian mengikuti panduan akademik yang berlaku untuk semua fakultas seperti pada Tabel Koversi nilai.

Tabel. Konversi nilai

Nilai

Huruf

Angka

Predikat

80 – 100

A

4

Istimewa

73 – 79,99

B

3,5

Baik Sekali

65 – 72,99

B

3

Baik

60 – 64,99

C+

2,5

Cukup Baik

55 – 59,99

C

2

Cukup

45 – 54,99

D

1

Kurang

0 – 44,99

E

0

Kurang Sekali
Untuk menilai hasil kemajuan dan keberhasilan proses belajar mengajar mahasiswa ditetapkan berdasarkan peraturan akademik yang dibuat oleh Universitas yang tercantum pada buku panduan akademik, yang harus dimiliki dan diketahui oleh setiap  
3. Suasana Akademik Sarana yang tersedia untuk memelihara interaksi dosen-mahasiswa, baik di dalam maupun di luar kampus, untuk menciptakan iklim yang mendorong perkembangan dan kegiatan akademik/profesional Untuk memelihara interaksi dosen dan mahasiswa dalam menciptakan iklim dan mendorong perkembangan daripada kegiatan akademis, maka disediakan sarana penunjang interaksi, antara lain:
-          Ruang perkuliahan yang nyaman (kipas angin, AC dan LCD )
-          Ruang praktikum yang cukup memadai.
-          Industri / perusahaan di Sumatera Utara  yang dapat dijadikan tempat magang secara bersama-sama oleh dosen dan mahasiswa Dalam rangka mendukung bentuk kegiatan yang mampu mendorong tumbuhnya suasana akademik seperti yang dimaksudkan di atas, maka Prodi Teknik Elektro menyediakan fasilitas internet yang bisa diakses oleh mahasiswa dan dosen dalam mengembangkan materi pembelajaran untuk materi belajar mandiri maupun pengembangan materi pengajaran yang umum.  

Mutu dan kuantitas interaksi kegiatan akademik dosen, mahasiswa, dan Sivitas Academik lainnya

Di luar kegiatan akademik yang bersifat rutin berupa tatap muka di kelas,  suasana akademis sehari-hari diwarnai dengan diskusi informal berkaitan dengan mata kuliah antara mahasiswa dengan dosen. Pembicaraan tidak hanya berkaitan dengan persoalan sehari-hari yang dihadapi mahasiswa akan tetapi juga berkenaan dengan program-program peningkatan kualitas mahasiswa dan prodi. Beberapa kegiatan yang melibatkan interaksi dengan mahasiswa antara lain ; proses perwalian, proses bimbingan kerja praktek maupun tugas akhir, proses pendampingan terhadap mahasiswa yang terkait dengan pengembangan program kegiatan HMTE (Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro) yang bernuansa pada peningkatan kualifikasi kepribadian, intelektual, emosional, dan spiritual. Diantara kegiatan yang dimaksud adalah workshop, seminar, kuliah ahli  Dengan demikian pemantapan materi diluar perkuliahan sangat mungkin didapat mahasiswa lewat kegiatan tersebut. Untuk mengetahui tingkat materi dan metode pembelajaran yang dilakukan oleh dosen dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, tiap akhir semester dilakukan penilaian kaitannya dengan kinerja dosen, yang dimaksudkan untuk mengetahui posisi kinerja dosen terhadap standard / rata-rata kinerja program studi dalam bentuk pengisian kuisioner oleh dosen masing-masing pembina mata kuliah

peta copy